Friday 14 February 2014

KIMIA DALAM KOLAM RENANG

Renang merupakan olahraga air yang sangat terkenal dan diminati oleh orang-orang dari berbagai usia. Dari yang muda hingga yang tua. Bahkan sekarang yang masih balita pun sudah diajari berenang. Lebih istimewanya, Nabi SAW juga memerintahkan kita untuk memiliki keahlian berenang.
            Ajarkanlah anak-anakmu memanah, berenang dan menunggang kuda” (HR. Ahmad).
Ketika sedang bermain-main bersama teman atau keluarga di kolam renang, kita sering mengalami pedih mata ketika air kolam terpercik ke mata, dna pedihnya bukan sembarang pedih bukan, beda dengan pedihnya kena air saat mandi di kamar mandi. Sebetulnya zat apa ya yang menyebabkan rasa pedih di mata tersebut?? Yuk kita simak kalimat-kalimat di bawah ini.. : )
Semoga bermanfaat! : )
KIMIA DALAM KOLAM RENANG
Di Amerika Utara, biasanya untuk menghancurkan mikroorganisme dalam kolam renang dipakai diklorin atau senyawanya seperti kalsium hipoklorit. Kenyataannya disinfektan yang paling potensial adalah asam hipoklorit. Spesies ini terbentuk apabila diklorin bereaksi dengan air sebagai berikut:
Cl2 (aq) + H2O (l)                   H3O+ (aq) + Cl- (aq) + HClO (aq)
Natrium karbonat (soda abu) ditambahkan untuk mentralkan ion hidronium menurut reaksi:
            CO32- (aq) + H3O+              HCO3- (aq)
Akibatnya keseimbangan reaksi diklorin dengan air bergeser ke arah kanan, dna oleh karena itu menghasilkan lebih banyak asam hipoklorit. Apabila dipakai kalsium hipoklorit, maka hidrolisis ion hipoklorit akan menghasilkan asam hipoklorit menurut persamaan reaksi:
            ClO- (aq) + H2O (l)               HClO (aq) + OH- (aq)
Karena air menjadi basa, maka maka perlu ditambahkan asam untuk menurunkan harga pH (mentralkannya).
            Adalah sangat penting untuk menjaga konsentrasi asam hipoklorit pada tingkat yang tetap cukup untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme yang lain; sayangnya asam hipoklorit terurai oleh cahaya pada temperature tinggi menurut persamaan reaksi:
            2 HClO (aq)             2 HCl (aq) + O2 (g)
            Rasa pedih pada mata yang ditimbulkan oleh air kolam renang, sesungguhnya bukan berasal dari terlalu banyaknya pemberian diklorin, melainkan karena hadirnya senyawa-senyawa kloramine seperti NH2Cl. Senyawa yang memedihkan ini terbentuk melalui reaksi asam hipoklorit dengan senyawa turunan ammonia seperti urea yang berasal dari urin si pemakai kolam, menurut persamaan reaksi:
            NH3 (aq) + HClO (aq)               NH2Cl (aq) + H2O (l)
Untuk menghilangkannya, diklorin perlu ditambahkan lagi, suatu proses yang dikenal sebagai superklorinasi. Diklorin tambahan ini akan bereaksi dengan kloramin dan menguraikannya menjadi asam hidroklorida dan dinitrogen, menurut reaksi:
            2 NH2Cl (aq) + Cl2 (aq)              N2 (g) + 4 HCl (aq)
(source: Kimia Anorganik I)


Nah itu dia penyebab air kolam terasa sangat pedih di mata secara kimia, ternyata kita (pemakai kolam) ikut andil juga yahh.. : ) hehehe…

1 comment:

  1. Gambling Apps in Mississippi - JM Hub
    › 2021/07/13 › gambling-apps › 2021/07/13 › 영천 출장안마 gambling-apps The 강릉 출장샵 sportsbook is currently 삼척 출장마사지 the most 안양 출장마사지 popular mobile online betting app in Mississippi. It's available on mobile devices, but there are some differences that 경산 출장안마

    ReplyDelete